Senin, 30 Juni 2008

Blog, Jeruk Bali Madu dan Anthurium

Oleh : Bambang Haryanto


Senjata baru pemasar. Dunia pemasaran saat ini semakin tidak bisa dipisahkan dari dunia internet. Dengan adanya weblog atau yang lebih dikenal dengan blog, pemasar (marketer) makin dipermudah dalam mengoptimalkan aktivitas mereka.

Demikian diungkapkan Ridwan Sanjaya, Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katholik Soegijapranata dalam acara Gathering Indonesia Marketing Association (IMA) Jateng bertema “Blog Marketing : The New Era of Cyberspace,” di Borobudur Ballroom Hotel Santika Premier Semarang, Kamis (27/9/2007).

Photobucket

Itulah sebabnya, lanjut Ridwan, bagi pemasar yang ingin sukses mau tidak mau harus mengambil manfaat dari teknologi ini bagi kepentingan bisnisnya. “Pemanfaatan blog tak lagi sebatas pada kalangan individu semata. Beberapa perusahaan besar seperti Microsoft, IBM, Kecap Bango, Elexmedia telah memanfaatkan untuk kepentingan bisnis mereka. Ini merupakan perkembangan positif dari fungsi blog sekaligus membuktikan bahwa blog tidak kalah dengan website.”

Menurut Ridwan, blog adalah sahabat mesin pencari seperti Yahoo dan Google. Selain itu, blog juga bisa sebagai alat komunikasi langsung dengan konsumen dan membangun citra. “Blog merupakan media dan public relation yang bagus.”

Banyak fitur dalam blog yang mendukung pemasaran. Diantaranya sebagai viral marketing. “Pemasaran melalui mulut ke mulut lebih efektif dibanding iklan seindah apa pun. Lagi pula memasarkan melalui blog itu iklan tanpa batas wilayah,” tambah Ridwan.

Selain itu, blog mudah ditulis, mudah dicari, dan lebih mudah dalam membangun jaringan dengan konsumen. “Bayangkan jika ada 100 orang yang melihat blog. Itu berarti ada komunitas baru. Dan itu sangat bermanfaat untuk promosi yang mudah dan murah,” jelasnya.

Photobucket

Baru dua ? Paparan di atas merupakan isi dari berita yang berjudul “Pemasaran melalui Blog Lebih Efektif” yang dimuat di harian Suara Merdeka, Jumat, 28 september 2007 : 4. Isi tersebut merupakan ilham yang terpercik di kepala saya saat memasuki arena Karanganyar Mega Expo Nasional 2008 di Gedung Wanita Kabupaten Karanganyar. Saya mengunjunginya dua kali, saat sebelum pembukaan (24/6) dan tanggal 28 Juni 2008 yang lalu.

Saya ingin melihat-lihat bagaimana pebisnis tanaman hias khususnya memanfaatkan teknologi informasi. Dari spanduk yang terpampang, saya baru menemukan dua stan yang menunjukkan data tersebut. Spanduk pertama adalah di stan Jeruk Bali Madu asal Pati. Sekadar info, spanduk dan blog dari bisnisnya Bapak Sukir S.Pd ini sayalah (Bambang Haryanto) yang merancangnya. Alamat lengkapnya : Desa Bageng, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Nomor HP : 081577724960.

Stan kedua adalah Deni Nursery & Gardening yang berasal dari Karangpandan. Alamat situsnya : http://deninursery.blogspot.com. Alamat lengkapnya : Jl. Raya Solo-Tawangmangu Km 33,5 Gerdu, Karangpandan, Karanganyar, Jawa Tengah. Telepon : (0271) 7077407.

Khusus pemesanan bibit Anthurium, silakan hubungi Ibu Didik, di : 0816676771. Pemesanan melalui email di : deninursery@gmail.com dan deninursery@yahoo.co.id.

Saya telah mengunjungi blog tersebut. Untuk ikut mendorong dan menyemangati pemanfaatan blog secara lebih komprehensif, saya telah berkirim SMS ke nomor HP-nya Ibu Didik. Antara lain saya usulkan, semoga “blognya bisa lebih ramai.” Syukurlah, Ibu Didik pun memberikan tanggapan yang positif. Terima kasih Ibu, sukses selalu untuk Deni Nursery & Gardening !


mf

Tidak ada komentar: