Jumat, 27 Juni 2008

Kiat Sukses Menjual Ke Sesama Peserta Pameran

Oleh : Bambang Haryanto


Sayangilah tetangga. Ketika Anda sedang mengikuti pameran atau bursa, camkanlah pepatah ini. Karena bukan tidak mungkin, para tetangga baru Anda itulah yang merupakan konsumen Anda yang pertama kali. Dan sekaligus kemudian menjadi pelanggan utama Anda di masa depan.

Simak pengalaman Pak Sukir Spd, pekebun buah jeruk bali madu dari Pati. Ia pernah memboyong 2 truk –setara 8 ton-- jeruk besar ke Pameran Trubus Agro Expo 2006 di Taman Bunga Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur. Di pameran itulah jeruk bali madu menyedot perhatian pengunjung dan sesama peserta stan. “Luar biasa. Itu jeruk paling enak yang pernah saya cicipi. Manis tanpa rasa asam,” kata Ganis Harsono, pemilik Garfazh Utama Nurseri, di Jakarta.

Ucapan Ganis Harsono tersebut kemudian dikutip oleh majalah pertanian berwibawa, Trubus (No.446, Januari 2007 : hal.62- 63), yang memuat liku-liku menarik tentang asal-muasal tanaman jeruk bali madu dan kiprah Pak Sukir sejak tahun 1988.

Prestasi Pak Sukir yang terukir di Majalah Trubus itu saya temui ketika beliau memboyong jeruk bali madu untuk pameran di Wonogiri. Saat itu saya tawarkan kepadanya, agar bisnisnya iitu dibuatkan blog di Internet.Sungguh suatu kejutan, beliau langsung menerima.

Untuk mendorong pebisnis produk pertanian atau pun florikultura berkenalan dengan sarana kehumasan dan juga promosi di dunia maya, kini saya pun sedang berkampanye menjual jasa perancangan blog tersebut.

Di bawah ini adalah kutipan selebaran yang saya edarkan kepada peserta Karanganyar Mega Expo Nasional, yang diselenggarakan 25 Juni-5 Juli 2008 di Gedung Wanita Kabupaten Karanganyar.

“Semoga stand Anda di Karanganyar Mega Expo Nasional 2008 sukses besar dan laris manis secara bisnis. Jangan lupa, binalah hubungan dengan para pengunjung sebanyak mungkin. Mereka potensi konsumen Anda di masa depan. Manfaatkanlah situs blog di Internet untuk mengikat mereka, sehingga dengan sukarela mereka menjadi agen pemasaran dan tukang promosi bagi bisnis Anda !


APAKAH BLOG ITU ?
Blog dapat diumpamakan sebagai ALBUM FOTO KELUARGA dan juga BUKU HARIAN ANDA di Internet. Isi blog sengaja dibuka untuk diketahui orang lain – dari seluruh dunia. Manfaatnya : untuk mempromosikan bisnis atau pun menyebarluaskan gagasan/pemikiran Anda, memelihara hubungan baik, menjaga reputasi, meningkatkan trust atau rasa percaya pada stake holder bisnis Anda.


APA MANFAAT VITAL SITUS BLOG BAGI BISNIS ANDA ?
Melalui blog Anda dapat mengeratkan hubungan dengan pelanggan Anda. Jadi hubungan bisnis tidak terhenti ketika transaksi jual-beli selesai. Dengan memajang cerita dan foto-foto Anda bersama mereka, blog Anda tersebut menjadi album foto kenangan dan album cerita milik mereka juga. Mengingat kecenderungan orang suka bercerita, maka blog Anda berpotensi memicu komunikasi word of mouth atau gethok tular, untuk semakin menterkenalkan layanan, produk dan nama baik bisnis Anda.

Peserta Karanganyar Mega Expo Nasional 2008 yang tercatat sudah memiliki blog antara lain Bapak Sukir, SPd (HP : 08157724960), petani/pionir Jeruk Bali Madu dari Pati. Nomor standnya 72 dan Anda akan dilayani oleh Haris (foto). Alamat situs blognya : http://jerukbalimadu.blogspot.com

Untuk konsultasi lebih lanjut tentang manfaat blog bagi sukses bisnis Anda, silakan kontak : BAMBANG HARYANTO, +6281329306300. Email : humorliner (at) yahoo.com. Blog Marketiva Florikultura : http://florikultura.blogspot.com


mf

Tidak ada komentar: